Rabu, 25 Agustus 2010

OSMARU FISIP UNS 2010

OSMARU 2010 !!

Hidup Mahasiswa ! Hidup Mahasiswa Indonesia!

Kamu MERDEKA kamu keluar dari KOTAK ! Merdeka!

Hoho… Orientasi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun 2010 dimulaaai !! Hidup Mahasiswa !!

Lho? Lho? Kok salam pembukanya malah tereak-tereak ga jelas gini yah? Eh, jangan salah, ini bukan nggak jelas! Ini adalah salah satu seruan penyemangat buat mahasiswa FISIP UNS. Mungkin kalian bingung sama arti KOTAK di jargon di atas. Apa? Nama band? KOTAK itu bukan nama baaaand! Ngawur! KOTAK itu singkatan dari Kemalasan, Omong doank, Tempramen, Apatis dan K… (sumpah, K yang terakhir aku lupa! Hehe. ) hump. Kalo nggak salah, kebodohan. Hehe. Asyik juga.

OSMARU FISIP 2010 ini diadakan dari tanggal 18 – 20 Agustus 2010. Oke. Oke. Aku ceritain secara runtut.

Tanggal 18 agustus pagi, di Halaman Kantor Rektorat UNS, diadain upacara pelantikan mahasiswa baru tahun 2010 yang berjumlah 4000an (mana aku apal nominal lengkapnya! -___-“). Pagi itu, semua mahasiswa S1 angkatan 2010 berkumpul di halaman kantor pusat UNS itu (sumpah! Kuwi upacarane mekso banget! Lha wonge akeh tenan ug!). setelah mahasiswa baru S1 yang masih imut-imut (hiyek!) ini dilantik, upacara dilanjutin dengan pertunjukan dari berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang paling menonjol dan berprestasi. Ada Paduan Suara UNS, Menwa UNS, sama Marching Band UNS. Sumpah, aku jadi ngefans Paduan Suara sama marching band-nya. Keren banget! Serius. Aku pengen ikuuut!!!

Abis dari halaman yang panas itu, peserta OSMARU 2010 dibawa ke gedung-gedung yang gedhe buat ikut kuliah umum dari Pak Mayjend L. Sulistyono yang bakal dilaksanain secara teleconference (halah. Kuwi lho. Yang kita bisa ikut suatu acara yang tempatnya nggak di tempat kita berada. Yang pake kamera video itu lho.). sumpah! Acara yang ini bener-bener bosenin. Gile, bu. Si Dinda ‘anak rantau’ aja bisa sampai ketiduran di pundakku! Walaupun tempatnya lumayan nyaman. Secara anak FISIP sama anak FSSR ditaruh di Gedung FKIP SBI yang baru dan masih kinclong serta berAC itu. maaf, Bila, fasilitasmu tag duluin pake. Hehe. Selain dari Pak Sulistyono, ada juga sambutan dari Pak Syamsulhadi (ini pak Rektor) sama Pak Ravik (ini Pak Pembantu Rektor I yang juga ayahnya Hanifiya Samha Wardhani – adek kelasku). Sumpah, rasane lama banget. Tapi kok bapaknya nggak ada bosennya yah?hehe…

Sekitar jam 12 an, kuliah umum perdana yang membosankan itu akhirnya berakhir juga. Alhamdulillah. Semoga yang terakhir. Hehe. Akhirnya anak-anak FISIP dikembalikan ke tempat asalnya di Kampus Orange kami tercinta, FISIP UNS !!! waktu di kampus, anak-anak maru FISIP yang berjumlah 306 orang ini dikelompokan jadi 20 kelompok. Dan nama kelompoknya diambil dari nama berbagai tempat di Kota Solo.

Dan aku dapet kelompok “GALABO”. Alhamdulillah anaknya asyik-asyik, walaupun yang dari SMANSA Cuma aku. hehe. Ada Devi dari Temanggung, Nita dari Pekalongan, Ori dari Ngawi, Yusup dan Arum dari Wonogiri, Wulan dari Sukoharjo, Hanifah dari Boyolali, Tika dari Cirebon, Mario, Inez, Zico, Tito, Putri, Nadya dan aku yang asli Solo gitu. Hehe.

Di hari pertama OSPEK fakultas ini, kebanyakan acaranya diisi sama ceramah yang sama kayak di gedung FKIP. Juga perkenalan dari pihak fakultas. Ceramah yang di fakultas ini kebanyakan di isi sama dosen-dosen FISIP dan bahas tentang peraturan dan tata tertib dan sistem pendidikan di kampus. Dan sekitar jam empat sore, ada shock terapi dari SC (steering committee). Di situ kami, maru FISIP dimarah-marahin abis-abisan. Tradisi klasik. Disuruh ngaku kesalahn lah. Disuruh nggak boleh egois lah. Yang main hape, yang ngantuk, yang ngobrol sendiri, dan yang sibuk sendiri tapi nggak dengerin ceramah, wajib maju ke depan buat dimarahin langsung sama SC. Hufh. Paling males aku kalo udah ada yang kayak gini. Setelah ST dari SC selesai, akhirnya osmaru hari pertama udah berakhir. Alhamdulillah. Tapi nggak boleh seneng dulu. Ada tugas yang nunggu. Tugas pertama, tiap individu harus buat co card yang bentuknya lambang UNS. Tugas kedua, tiap individu wajib membuat artikel tentang filosofi dari nama kelompoknya. Tugas ketiga, tiap kelompok harus buat tempat sampah yang dihias. Tugas keempat, tiap kelompok harus buat yel-yel. Tugas kelima, tiap individu harus hafal lagu F.I.S.I.P lagunya D’Bagindaz yang C.I.N.T.A yang diubah liriknya. Fuih. Banyak juga yah. Karena kelompokku pengen kompak, akhirnya kami memutuskan buat bikin cocard bareng-bareng. Hehe. Biar sama semua gitu. Dan akhirnya kami yang sebenarnya pulang jam lima-an, jadi pulang jam delapanan. Hehe. Ngelembur di kampus.

Tanggal 19 Agustus 2010, hari Kamis. Seperti biasa, hari itu kami dituntut untuk nggak terlamabat alias tepat waktu. Jam tujuh pagi, kami harus udah ada di kampus. Setelah baris di depan kampus, panitia atau nama kerennya OC (Osmaru Committee)mengelompokkan kami sesuai dengan agama dan keyakinan karena ternyata acara pertama pagi itu adalah kerohanian. Dari acara inilah, kami diperkenalkan dengan Biro Asistensi(BIAS) yang akan membantu selama mata kuliah agama islam. Karena ternyata MK ini akan sangat dibantu dengan program asistensi atau mentoring yang memiliki andil 50% dalam nilai MK agama islam. Setelah dari BIAS, kami dikenalkan dengan LKI (Lembaga Kegiatan Islam) dan semua kegiatannya. Setelah acara kerohanian selesai, acara ceramah-ceramah kembali dimulai. Bosenin banget. Aku juga udah lupa materinya apaan. Hehe.
Oh iya, ada talk show tentang mahasiswa aktifis yang akademis juga lho. Di talk show itu dihadirkan tiga mahasiswa komunikasi yang berhasil di bidang akademis dan aktifis. Ada mbak Ulfah Hidayati, mantan presiden BEM 2009 yang juga berprestasi dan berkesempatan untuk pergi ke China selama beberapa hari. Ada Mas Novianto, seorang yang berprestasi di bidang minat dan bakat yaitu film. Kalo ada yang tau video buat promosinya SIPA (Solo International Performing Art) di Trans TV, itu yang buat Mas Vian ini. keren banget videonya. profesional banget. Juga ada Mas Eko yang merupakan Mawapres (mahasiswa berprestasi) yang juga mantan ketua umum DEMA 2008. Dia sempat ikut student exchange ke negeri tetangga, Malaisya. Liat kakak-kakak itu bikin aku jadi bersemangat! Aku harus bisa jadi kayak mereka.

Tapi yang seru buat hari kedua adalah perkenalan atau sosialisasi dari UKM-UKM yang ada di FISIP. Jumlahnya sekitar 17 UKM yang ada di FISIP. Tapi hari itu Cuma dikenalin sedikit. Yang pasti ada Dema (Dewan Mahasiswa) atau kalo di Negara itu disebut DPR. Ada BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang di Negara disebut ‘pemerintah’-nya. Juga ada dari FFC !! ini nih yang aku tunggu. Fisip Fotografi Club ! hehe… abis ikut sosialisasinya, aku jadi bener-bener pengen ikut! Abis kayaknya seru banget ug ! hehe. Setelah FFC ada dari CENSOR (Centre of Social and Political Research), FIESTA (Radio kampus), KMF (Komunitas Musik FISIP), dan VISI (majalah kampus). UKM-UKM lain ngadain sosialisasi keesokan harinya (hari ketiga). Dan hari kedua ditutup dengan (lagi-lagi) ST dari SC. Dan yang ngerasa buat salah, silahkan maju aja deh. Biar ST-nya buruan selese. Males banget liat kakak-kakak yang sok galak, padahal aslinya baik-baik.

Tanggal 20 Agustus 2010, hari jum’at. Kembali seperti hari kemarin. Pagi ini acara dimulai dengan acara kerohanian. Terus acara dilanjutin dengan Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi dari UKM-UKM yang kemaren belum presentasi. Ada Mahafisipa (Mahasiswa FISIP Pencinta Alam), Teater SOPO – SOsial POlitik (sumpah! Teaternya keren banget! Tapi aku tipe orang yang lebih pantes nonton daripada main peran gitu), KINE KLUB (Komunitas Film – ini juga keren banget!). Kalo ada UKM yang belum sosialisasi, itu berarti mereka emang belum daftar buat sosialisasi di osmaru 2010. Saat anak-anak cowok pada shalat jum’at dan yang non-muslim pada ke ruangannya sendiri-sendiri, acara di Aula FISIP diisi sama kakak-kakak dari LKI. Alhamdulillah. Isinya lumayan menarik. Muterin sebuah vitae yang isinya tentang sebuah mimpi akan terwujud saat kita menuliskannya dalam hati dan dalam tulisan, tapi disertai juga dengan usaha yang kuat. Setelah shalat jum’at selese, acara kembali dilanjutkan dengan character building yang mendatangkan seorang motivator bernama Pak Sholikin Zero to Hero. Dari beliau, aku banyak mendapatkan pelajaran tentang hidup dan bagaimana cara bersikap dengan baik. Baru kali ini aku ikut ceramah yang bikin aku nggak ngantuk. Hehe. Acara yang menyenangkan itu berakhir sesaat setelah adzan ashar berkumandang. Setelah itu kami diperbolehkan shalat ashar.

Waktu kembali ke aula, aku liat kakak-kakak SC udah pasang wajah yang nggak enak banget! Sumpah! Bête nggak jelas gimana gitu lho. Ternyata emang bener, setelah itu (lagi-lagi) kami dikasih ST. terus sampe akhirnya kakak-kakak SC manggil satu kelompok – TBJT (Taman Budaya Jawa Tengah). Dan kelompok itu dimarah-marahin abis-abisan. Bener-bener dihabisin. Dirombon gitu deh istilah jawanya. Aku udah bisa nebak kalo mereka ada apa-apanya. Kalo nggak karena mereka kelompok terbaik, ya pasti karena ada yang ulang tahun. Ternyata emang bener, kawan! Ada yang ulang tahun! Hehe. Scenario kakak-kakak itu udah kebaca jelas. Aku Cuma senyam senyum aja liat mereka pada marah-marah sebelum kedoknya dibuka. Hehe. Dan parahnya lagi, saat kita semua udah pada seneng-seneng bareng sama SC dan OC, ada salah satu dari anggota TBJT yang pingsan gara-gara kebanyakan nangis abis dimarahin tadi. Lemah banget mentalnya. Lalu OSMARU 2010 resmi ditutup sama Bu Suyamti (Pembantu Dekan III yang ngurusi kemahasiswaan). Alhamdulillah.

eits, jangan dipikir abis itu kita pulang ya! hehe. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perkenalan sama SC dan OC. Acara ini asyik banget! lagi-lagi kami menyanyikan lagunya F.I.S.I.P dengan gila-gilaan. hehe. sumpah udah lupa sama kejadian tadi. selain lagu F.I.S.I.P. , Mas Ikhsan sama Mbak Kiki malah duet nyanyi lagu keong racun sama cinta satu malam. haha. sumpah, serasi banget! yang lain ngapain? ya jelas joget2 ga jelas gitu lah! hehe... karena asyik gokil-gokilan satu angkatan plus SC dan OC, nggak kerasa udah adzan maghrib. alhamdulillah. trus kita semua buka bersama di AULA FISIP. hehe. sumpah! hari itu asyik banget!

Hump. rasanya kalo inget masa OSMARU, jadi pengen lagi! jadi pengen ikut lagi, tapi sebagai OC. hehe. amiin. moga-moga tahun depan bisa jadi panitia OSMARU. amin. hehe.

OSMARU ini bikin aku lupa sama masalah yang lagi aku hadapi. alhamdulillah. tapi begitu OSMARU selese, aku keinget lagi. sama aja odong!

hufh. apa lagi yah? aku mau cerita apa lagi? udah dulu aja deh. sampai jumpa di postingan berikutnya ya, kawan!!

tetap SEMANGAT !!


ini co card yang aku bilang susah. gara-gara 3 hari dipake terus, akhirnya malah jadi buluk banget kayak gini! hehe. belum lagi gara-gara aku setrika (laminatingnya nggak oke), fotoku jadi rusak! hehe. aneh banget aku.

4 komentar:

  1. huaaaaaaa :DDD
    pengen liat gayanya nisa.san pas diospek, wkwkwkw

    BalasHapus
  2. emange gayaku piye?? kan ga neko2. soale ada anak dekan hukum yg juga ikut osmaru. jadi nggak bisa aneh2. tapi tetep asyik.ayo... buruan pulang ke indo, terus lanjutin sekolah, terus kuliah... jadi bisa ngerasain osmaru.

    BalasHapus
  3. @adi : wah maaf . udah lama gak buka blog . oke . nanti aku jalan-jalan ke blog kamu . :)

    BalasHapus

silakan berkomentar, :)