Senin, 22 November 2010

Outdoor With The New Kentingers !!!

Assalamu’alaikum. Bon nuit et bon rѐve, mes amis !!! jangan su’udzan kalo aku ngatain kamu amis dulu! Itu artinya selamat malam dan selamat beristirahat, teman-teman. :-)

Kayak yang udah aku tulis di postingan sebelumnya. Aku bakal cerita tentang Diklat Outdoor LPM Kentingan selama 3 hari 2 malem di Villa Sari Handayani Tawangmangu.

Hari Jum’at, 5 November 2010, jam 16.30 WIB, bus rombongan calon Kentingers berangkat dari kampus UNS tercinta. Jadwalnya molor satu setengah jam. Soalnya, hujan dueras yang disertai petir yang menyambar-nyambar tiba-tiba turun ke Bumi Solo tercinta. #bahasaku hiyek banget. Perjalanan ke TW sekitar satu setengah jam. Mungkin karena pak sopir-nya nggak canggih. Hehe. tapi nggak apa-apa. Daripada ngebut ugal-ugalan. Haha. Sampe di villa kami tercinta sekitar jam enam-an. Sampai di sana, kami langsung disuruh solat dan makan malam. Menu pertama kami adalah nasi goreng dan telor mata sapi alias telor ceplok. Hehe. enaaak. Setelah makan malam, kami semua ada kontrak forum. Jadi bikin perjanjian tentang peraturan yang berlaku selama Diklat outdoor. Setelah itu ada materi dari Mbak Farida Trisnaningtyas, wartawan Solopos dan juga mantan pemimpin umum Kentingan. Kata mbak dan mas senior, mbak Farida ini mirip sama aku. hehe. moga-moga mirip nasibnya ajaa. Amiin. Mbak Farida ini ngisi materi EYD. Nah lo. EYD. Jadi inget Bu Dini, guru Bahasa Indonesia sewaktu SMA. Pokoknya asyik dah waktu materinya Mbak Farida ini. kebetulan aku juga suka banget sama yang berhubungan sama EYD gitu. Haha.

Abis itu, ada simulasi wawancara. Di sana, kami dikasih sebuah kasus dan narasumbernya itu kakak panitia yang disebar di sekitar villa. Kasusnya itu tentang penculikan dan pembunuhan seorang gadis yang bernama Rosenda. Sumpah! Acara yang ini nggak jelas banget. Masa’ kakak-kakak tu aktingnya konyolan banget! Apalagi Mbak Diyah sama Mas Dhimas. Mereka jadi orang tuanya Rosenda. Gilaaa. Mereka aktingnya sampe nangis-nangis gitu. Gek nangis e kie uaneh e minta ampun. hehe. Setelah itu, kami harus menuliskan semua data yang diperoleh dari narasumber-narasumber itu dalam sebuah straight news. Dan kemudian ada evaluasi simulasi wawancara. Di sini, Mas Hasan sama Mbak Dino ngoreksi semua tulisan dan mengevaluasi jalannya simulasi wawancara ini. dan setelah itu, waktunya Tiduuuur!!!! Hehe.

Hari Sabtu. 6 November 2010. Semua peserta dibangunin jam setengah 6 pagi! Hehe. Pokoknya harus udah siap di ruang makan jam setengah 7. Dan sarapan pagi kami adalah Soto! Hehe. tempe gorengnya enak. Mau minta tambah kagak boleh. Hehe. Setelah makan selesai, langsung ada acara diskusi tentang Kontroversi Pemberian Gelar Untuk Mantan Presiden Soeharto. Hehe. acaranya seru banget. Debat gitu deh. Sekitar jam setengah 9, debat selesai dan dilanjutkan dengan pengarahan buat simulasi bulletin. Jam 9 teng, simulasi bulletin dimulai. Simulasi bulletin itu acara yang mengharuskan kita untuk bikin bulletin kecil-kecilan. Hehe. kita cari berita sendiri, bikin tulisannya, fotonya sendiri, dan nge-layout sendiri. hehe. asyik banget. Aku, Maul, Dea sama Nurzul keliling kompleks Grojogan Sewu buat cari berita. Kami juga sempet ke Villa Wahyu Abadi, villa saingannya Sari Handayani. Lokasinya nggak begitu jauh dari Sari Handayani. Di sana, kami wawancara buat profil. Hehe. pas banget. Waktu itu anak KINE – klub film di FISIP yang pada makrab baru aja nyampe di Wahyu Abadi. Jadi ketemu sama temen-temen deh. Hehe.


Nisa lagi wawancara nih. hehe

Sekitar jam 12-an, kami udah sampe lagi di villa dalam keadaan sangat ngidam molen pisang a la TW. Siaaal!! Di sekitar villa kagak ada yang jual lagi!! Akhirnya sampe ngerayu mas Jono sama Mas Sindhu – pembimbing kelompok bulletin buat beliin molen ke pasar. Hiks. Pengen banget tuh. Dan akhirnya, Mas Cahyadi pun mendengar jeritan hati kami. Mas Cahyadi bilang, disuruh sms ke Mas Hasan buat beli molen di pasar waktu mau balik ke villa. Mas Hasan masih di Solo soalnya. Hehe. dan nyampe villa jam setengah 5-an. Hiks. Alhasil, nunggu Mas Hasan sambil ngerjain bulletin. Mas Yudha yang notabene adalah satu-satunya anak DKV di kelompokku pun mulai asyik gambar buat cover bulletin. Hehe. aku, Maul, Nurzul, Dea sama Mas Pandhu asyik nulis sesuai porsi tugas masing-masing. Hehe. kerjaan ini juga diselingi bercanda sama Mas Jono dan Mas Sindhu. Hehe. asyik banget. Bener-bener kerasa banget kedekatane. Hehe. sekitar jam 4-an, bulletin kelompokku udah jadi. Alhamdulillah. walopun hasilnya nggak sesuai dengan yang diharapkan, tapi aku tetep seneng soalnya bisa semakin deket sama temen-temen baru. Hehe. dan tepat jam setengah 5, Mas Hasan dateng !!! dan itu tandanya, Molen dataaang!! Hehe. nggak ada 15 menit, molen udah abis! Hehe. sumpah. Kayak nggak pernah makan!

Malem harinya ada evaluasi bulletin dari Mbak Diyah, Mas Arief, sama Mas Chrisna. Hehe. sumpah! Masa’ saya yang disuruh presentasi. Ini nih yang agak nyebelin. Hehe. Banyak banget dapet kritikan dari 3 juri kita. Huaaah!! Bulletinku ancur. Banyak banget salahnya. Duuuh. Tapi, aku cukup bangga sih. Soalnya Mbak Diyah sama Mas Chrisna bilang kalo tulisanku lumayan bagus dan EYD-nya udah bener. Alhamdulillah. harus lebih semangat lagi! Nggak boleh nyerah gitu aja! Semangat!

Setelah evaluasi selesai, langsung dilanjutin pensi. Oh mama, nggak!!! Saya harus menyanyi. Padahal suara saya itu jeleeeek banget. hiks. Sumpah! Hari itu saya nanggung malu. Huaaaah!! But, I felt excited. You know why? The night sky in Tawangmangu was very beautiful. You can see thousand or maybe million stars. And you’ll feel that you can reach it closely. It was make me feel happy. Setelah pensi selese, langsung bobo!!! Haha.

Besoknya, Minggu 7 November 2010. Pagi itu, kami dibangunkan jam 6. Tumben banget. Padahal hari sabtu, dibangunin jam 5-an. Haha. Bangun pagi, langsung disuruh siap-siap buat sarapan sama outbound. Hehe. Abis sarapan, calon Kentingers yang imut-imut ini langsung diajakin warming up di halaman villa. Seger. Alhamdulillah masih bisa dapet udara bersih. Setelah itu, ada pembagian kloter outbound. Nah, kelompokku bareng sama kelompoknya Eri. Hehe.


menanti giliran outbound....

Pos 1 itu ada Mas Hendy, dkk. Game-nya tentang ranjau-ranjau gitu. Jadi kita harus milih satu dari 3 kotak di baris pertama. Kalo di baris satu ini sukses ngelewatin ranjau, bisa lanjut ke baris kedua. Gitu seterusnya. Sekali aja nginjek ranjau, diganti sama temen kain yang sekelompok. Dan di pos ini, kelompoknya Eri yang menang. Hehe. Pos 2 itu ada Mbak Surya, dkk. Kali ini game-nya nyalurin bola pingpong lewat bamboo. Kamu pasti tau kan gimana game-nya? Hehe. dan di sini, kelompok saya lah pemenangnya. Haha.


ini di pos 1



Ini di pos 2

Pos 3. Ini nih yang seru. Sumpah! Saya nggak bohong. Jadi, buat sampe ke pos 3, kami harus turun jurang dulu. Eh, serius. Saya nggak bohong. Padahal ya, itu abis ujan, jalannya licin, nurun banget lagi. Udah deh ya, kalo takut ketinggian kagak usah ikutan main. Di tengah-tengah tebing, kami diharuskan tutup amat dan ngelakuin gerakan PBB sesuai sama aba-aba yang dikasih Mas Uud. Dan itu kami bener-bener ada di bibir jurang. Tutup mata pula! Bayangpun kalo ada setan lewat dan kita disenggol! Waaaah. Naudzubillah. Amit-amit jabang bayi! Setelah itu, kami turun ke jurang itu. dan di sana ada sungai yang masih jernih banget. Subhanallah. Saat kamu ada di dasar jurang, lihat lah ke atas. Dan subhanallah, indah banget. Dan kamu akan merasa sangat kecil. Hehe.

Kami langsung digiring ke pos bayangan, isinya itu mas-mas alumni Kentingan gitu deh. Pokoknya, di sana, kami dikasih wejangan yang buanyak banget tentang kehidupan organisasi. hehe. Kami harus punya rasa saling memiliki. Kentingan itu bukan milik saya, Kentingan bukan milik anda, Kentingan bukan milik dia. Tapi Kentingan itu milik kita. Kentingan awalnya kosong, kitalah yang harus mengisinya. Abis itu, kita dituntut buat masuk ke dalam gua yang ada di deket situ. Sumpah ya. Di sana dingin banget. Begitu masuk, rasanya tenang banget. Suara air yang deres banget, bercampur lembabnya gua. Bener-bener tentram.

Setelah keluar dari gua, sampai lah kami di Pos 3. Di sini, game-nya adalah mengeluarkan bola dari dalam pipa yang dibolong-bolong. Nah, ngeluarinnya pake air. Hehe. Kamu juga pasti tau gimana game-nya. Nanti deh, aku kasih foto-fotonya. Hehe. Dan kelompokku lagi-lagi menaaaang!!! Yee!! Alhamdulillah. setelah itu, kami kembali melanjutkan perjalanan ke pos selanjutnya dalam keadaan hujan deras. Yup! H-U-J-A-N-D-E-R-A-S !!! Tapi karena kondisi cuaca yang parah gila, akhirnya kita Cuma lewat di pos 4. Hehe. Alhamdulillah. dan pos 5 otomatis juga dibatalkan.


ini di pos-nya alumni


foto sama Mas Uud


ini kelompokku. Mas Pandhu, Maul, Nisa, Nurzul, Dea dan MAs Yudha (dari kiri)


ini abis dimandiin. haha. pos 3.


ini gua-nya


kalo kamu liat ke atas jurang, ini yang akan kamu lihat.

Sampai villa sekitar jam 11-an. Itu pun kami belum mandi dan jam 1 harus selese packing dan siap-siap. Emang sih, bisa dibilang lama. Tapi sekarang masalahnya, paviliun cewek kagak bisa dibukaaa!!! Kuncinya ketinggalan di dalam! Nah lo! Ini sekitar 1 jam-an lah. Haha. Dan untungnya, ibu yang punya villa ini berinisiatif liat ke dalam lewat jendela dan berusaha ambil kunci itu. hehe. Alhamdulillah, akhirnya bisa dibuka juga. Haha. Dan karena waktu udah sangat mepet, akhirnya kami mandi cepet-cepet deh. Hehe. setelah semua udah siap, and we gonna go!! Haha. Belom pulang bego! Tapi ngumpul dulu di aula villa. Hehe. asyik deh. Ngumpul bareng sama semua Kentingers. Di sini, kami banyak sharing sama kakak-kakak. Ada pemilihan putra putri marka juga. Selain itu, ada juga pelantikan jadi Kentingers. Dan yang paling membahagiakan, dapet kartu pers !!!! haha. Nice day deh. Hehe. abis itu, we gonna home!!


Ini kartu pers pertama saya

Hump. Mungkin itu dulu yang bisa saya ceritakan. Haha. Have nice day everyone!!! Love you.
Wa’alaikumsalam.

#video akan aku upload besok2. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan berkomentar, :)